Senin, 03 Maret 2014

Cara Mengatasi Perilaku Defisit


A.     Prompt dan Fading
1.      Tujuan Prompt
Prompt adalah bantuan atau apa saja yang bersifat membantu agar anak dapat menjawab dengan benar. Setelah anak menjawab atau memberikan respon yang benar, lalu diberikan reinforcers yang positif. Prompt diberikan saat anak tidak bisa mengerjakan atau memberi respon.
2.      Teknik Promt
Prompt yang biasa diberikan:
a.       Fisik – Secara fisik anak di bantu untuk merespon dengan benar.
b.      Model – Anak diberi contoh agar dapat meniru dengan benar.
c.       Verbal – Mengucapkan kata yang benar untuk ditiru, atau menjelaskan apa yang harus dikerjakan oleh anak, atau menanyakan misalnya, “apa lagi?”
d.      Gestural – Secara isyarat, dengan menunjuk, melirik, ataupun menggerakkan kepala.
e.       Posisional – Dengan meletakkan apa yang diminta lebih dekat dengan anak dari benda-benda lainnya yang kita minta untuk membedakan.
Prompt dibedakan menjadi :
a.       Physical Prompt
Misal : orang tua memegangi anaknya ketika belajar berjalan.
b.      Gestural Prompt
c.       Misal : trainer menujukkan materi pada peserta dengan menggunakan pointer
d.      Modeling Prompt
Misal : pelatih renang menunjukkan gerakan tangan dalam gaya bebas.
e.       Verbal Prompt
Misal : pelatih mengendarai mobil mengatakan pada siswa "hati - hati, jangan terlalu cepat”!
f.       Environmental Prompt
Misal : orang yang ingin mengurangi berat badan menempel fotonya yang gemuk di depan pintu kulkas.

3.      Fading
Fading adalah perubahan secara gradual pada successlye trials dari stimulus yang mengontrol respon, sehingga respon yang dihasilkan sedikit demi sedikit akan berubah seiring dengan semakin lengkapnya stimulus.
Faktor - faktor yang mempengaruhi Keefektivitasan Fading :
a.       Memilih stimulus akhir yang diinginkan
Sangat penting memilih stimulus akhir yang tepat untuk dapat menghasilkan perilaku (respon) akhir yang diinginkan.
b.       Memilih stimulus awal
Pada permulaan fading, sangat penting menentukan stimulus awal yang mungkin memunculkan perilaku yang diinginkan.
Contoh Penerapan Fading
a.       Belajar mengendarai sepeda
b.      Menuntun anak belajar menggambar lingkaran, segitiga, menulis angka dan huruf
c.       Mengajarkan kemampuan verbal pada anak autis
d.      Memunculkan perilaku tidak merokok

B.     Shaping
Shaping adalah mengajarkan sesuatu perilaku melalui tahap-tahap pembentukan yang semakin mendekati respon yang dituju yaitu perilaku target.

C.    Chaining
Chaining ialah mengajarkan sesuatu perilaku yang komplek, yang dipecah menjadi aktivitas-aktivitas kecil yang disusun menjadi suatu rangkaian atau untaian secara berurutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar