A.
Prompt dan Fading
1. Tujuan
Prompt
Prompt adalah
bantuan atau apa saja yang bersifat membantu agar anak dapat menjawab dengan
benar. Setelah anak menjawab atau memberikan respon yang benar, lalu diberikan reinforcers
yang positif. Prompt diberikan saat anak tidak bisa mengerjakan atau
memberi respon.
2. Teknik Promt
Prompt yang biasa
diberikan:
a.
Fisik – Secara fisik anak di bantu untuk merespon
dengan benar.
b.
Model – Anak diberi contoh agar dapat meniru dengan
benar.
c.
Verbal – Mengucapkan kata yang benar untuk ditiru,
atau menjelaskan apa yang harus dikerjakan oleh anak, atau menanyakan misalnya,
“apa lagi?”
d.
Gestural – Secara isyarat, dengan menunjuk, melirik,
ataupun menggerakkan kepala.
e.
Posisional – Dengan meletakkan apa yang diminta lebih
dekat dengan anak dari benda-benda lainnya yang kita minta untuk membedakan.
Prompt dibedakan menjadi :
a.
Physical Prompt
Misal : orang tua memegangi anaknya ketika belajar berjalan.
b.
Gestural Prompt
c.
Misal : trainer menujukkan materi pada peserta dengan menggunakan pointer
d.
Modeling Prompt
Misal : pelatih renang menunjukkan gerakan tangan dalam gaya bebas.
e.
Verbal Prompt
Misal : pelatih mengendarai mobil mengatakan pada siswa
"hati - hati, jangan terlalu cepat”!
f.
Environmental Prompt
Misal : orang yang ingin mengurangi berat badan menempel
fotonya yang gemuk di depan pintu kulkas.
3. Fading
Fading adalah perubahan secara gradual pada successlye trials dari
stimulus yang mengontrol respon, sehingga respon yang dihasilkan sedikit
demi sedikit akan berubah seiring dengan semakin lengkapnya stimulus.
Faktor - faktor yang mempengaruhi Keefektivitasan Fading :
a.
Memilih stimulus akhir yang
diinginkan
Sangat penting memilih stimulus akhir yang tepat untuk dapat
menghasilkan perilaku (respon) akhir yang diinginkan.
b.
Memilih stimulus awal
Pada permulaan fading, sangat penting menentukan stimulus
awal yang mungkin memunculkan perilaku yang diinginkan.
Contoh Penerapan Fading
a.
Belajar mengendarai sepeda
b.
Menuntun anak belajar menggambar lingkaran, segitiga,
menulis angka dan huruf
c.
Mengajarkan kemampuan verbal pada anak autis
d.
Memunculkan perilaku tidak merokok
B. Shaping
Shaping
adalah mengajarkan sesuatu perilaku melalui tahap-tahap pembentukan yang
semakin mendekati respon yang dituju yaitu perilaku target.
C. Chaining
Chaining
ialah mengajarkan sesuatu perilaku yang komplek, yang dipecah menjadi
aktivitas-aktivitas kecil yang disusun menjadi suatu rangkaian atau untaian
secara berurutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar